7 Arsitektur Keajaiban Dunia yang Jarang diketahui


Kita semua sudah tahu Coliseum, Tembok Besar China dan Taj Mahal adalah bagian dari keajabiab dunia, tapi bagaimana deengan keajaiban arsitektur yang belum dunia temukan? disetiap sudut bumi ini ada banyak keajaiban buatan manusia yang tidak diperhatikan orang-orang. Bangunan-bangunan tersebut memiliki arsitektur menawan yang memperlihatkan bagaimana kehidupan budaya ditempat bangunan tersebut dibangun. Berikut ini adalah beberapa bangunana keajaiban dunia yang tidak masuk dalam daftar 7 keajaiban dunia:

1.Gedung Parlemen Rumania


Gedung ini merupan bangunan sipil terbesar, paling mahal dan terberat di dunia administratif, Istana ini dibangun oleh diktator komunis Nicolae Ceausescu yang justru membenci bangunan besar itu. Tak heran di zaman dulu sangat sulit mengambil foto bangunan ini.  Dibangun pada tahun 1984, gedung neoklasik memiliki 12 storie, dan  3.100 kamar dengan luas bangunan mencapai 330.000 meter persegi. Proyek ini menelan biaya 3,3 miliar euro yang diambil dari tabungan masyarakat Rumania. Untuk membangun Gedung Parlemen, seperlima dari pusat Bucharest telah diratakan, termasuk sebagian besar kabupaten sejarah, lebih dari 30 gereja dan sinagog dan sekitar 30.000 rumah.

2.Masjid Agung Djenne, Mali


Dibangun pada tahun 1907, Masjid Agung Djenne adalah bangunan berstruktur lumpur terbesar di dunia, dibangun hampir seluruhnya dari batu bata dan dipanggang oleh panasnya matahari, pasir dan semen berbasis lumpur dan plester. Hal ini dianggap salah satu prestasi terbesar dari gaya arsitektur Sudano-Sahel dan ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1988.  Namun bangunan ini mengalami kerusakan cukup parah karena panasnya cuaca di Afrika.

3.Derawar Fort, Pakistan

Sebuah benteng yang sangat luar biasa, 40 benteng Derawar yang menakjubkan bangkit dari gurun dalam formasi persegi mencolok. Gabungan, dinding benteng membentuk lingkaran dengan luas  1.500 m dan memiliki tinggi hingga 30m tinggi. Banyak orang tidak tahu tentang Derawar Fort. Bahkan sebagian besar orang Pakistan pun tidak begitu mengenal benteng ini. Untuk bisa menjejakkan kaki di benteng ini , pengunjung harus menyewa pemandu dengan kendaraan four-wheel drive dari kota Bahawalpur, Pakistan melalui Cholistan Gurun diperlukan juga ijin khusus dari pemimpin lokal untuk bisa masuk ke dalam.

4.Chand Baori, India

Ini adalah salah satu landmark yang paling diabaikan di India, Rajasthan Chand Baori adalah stepwell persegi yang spektakuler, 13 lantai dalam, dengan dinding dilapisi dengan skor tangga ganda yang turun beberapa 30m ke dasar sumur, di mana genangan air hijau zamrud menunggu. Chand Baori adalah "salah satu yang terdalam dan terbesar dari jenisnya di dunia. Dibangun oleh Raja Chanda dari Dinasti Nikumbha antara 800 dan 900 Masehi.

5.Stari Most, Bosnia Herzegovina


Jika setiap landmark arsitektur besar memiliki cerita, Bosnia Herzegovina 's Stari Most memiliki kisah comeback.The Old Bridge, atau Stari Most seperti itu disebut oleh penduduk setempat, dibangun dari 456 blok batu lokal pada tahun 1566 oleh arsitek Turki Ottoman, Mimar Hajrudin Stari Most merupakan jantung kota Bosnia selama 427 tahun.

6.Tembok Besar India

Kita semua telah mendengar Tembok Besar China, tapi sedikit yang tahu bahwa India juga memiliki sendiri Great Wall, yang telah lama dibayangi oleh tetangganya ke Timur. The Great Wall of India, juga disebut sebagai Kumbhalgarh, adalah dinding terpanjang kedua di dunia, setelah Tembok Besar China. Terletak di Rajasthan, dinding ini memiliki ketebalan 4.5m , membentang sepanjang 36km dan memiliki tujuh gerbang benteng. Dinding ini mengalami perluasan pada abad ke-19
dan sekarang melindungi lebih dari 360 candi yang terletak di dalam dinding.

7. Masjid Lotfollah Sheikh, Iran

Masjid Sheikh Lotfollah adalah maha karya arsitektur Safawi, seorang arsitektur Iran. Terletak di Naghsh-i Jahan Square di kota Isfahan, masjid berarsitektur elegan ini dibangun antara 1603 dan 1619 pada masa pemerintahan Shah Abbas I.  Nama masjid ini sendiri diambil dari ayah mertua penguasa Sheikh Lotfollah, seorang sarjana islam Lebanon yang sangat dihormati. Masjid ini tidak pernah dimaksudkan untuk kepentingan umum, melainkan hanya untuk wanita harem Syah

1 komentar: