7 Tips Menabung untuk Kaum Muda



Masa muda adalah masanya kita untuk bersenang-senang, menghabiskan uang untuk belanja segala hal yang diinginkan dan memanjakan diri setelah delapan jam bekerja dengan tumpukan tugas kantor. Apa salahnya kan kita menikmati hasil keringat sendiri dengan belanja, membeli gadget dan kendaraan impian atau sekedar menghabiskannya di club? Masa muda itu datang hanya sekali jadi jangan pelit dengan dirimu sendiri.

Tapi ingat juga masa selanjutnya ketika kalian akan menghadapi usia kepala 3, orang-orang di usia kepala 2 rata-rata belum memikirkan masa depannya dan lebih mengedepankan asas "senang-senang". Mereka baru ribut-ribut memikirkan masa depan ketika akan menikah. Sebenarnya jika kalian mau menabung dan mengerem semua kesenangan yang diinginkan di usia muda mungkin kalian bisa mendapatkan  masa depan yang lebih baik.

Daripada menghabiskan uang untuk kegiatan-kegiatan yang tidak penting, lebih baik kalian tabung atau jadikan modal usaha. Masalahnya, kaum muda darimanapun mereka berasal selalu sulit menabung, entah kenapa ada saja kebutuhan mendesak yang membuat  mereka mengambil kembali uang tabungan. Nah buat kalian yang merasa masih muda dan sulit menabung, ini dia 7 tips yang bisa kalian terapkan untuk mengerem keinginan belanja dan hura-hura:

1. Fokus membayar hutang
Sebelum menabung sebaiknya bayar dulu semua hutang atau cicilan, biasanya yang paling banyak dirasakan kaum muda adalah hutang cicilan gadget. Ketika kalian menunda untuk membayar hutang cicilan sangat sulit untuk berhemat apalagi menabung. Fokus pada menabung dengan meninggalkan kewajiban membayar hutang sama artinya dengan kalian terus berhutang. Jika menghadapi kondisi seperti ini sebaiknya sisihnya sedikit uang saja untuk menabung, alihkan sebagian besar dana untuk membayar cicilan dan stop untuk mengajukan cicilan lagi.

2. Stop menggunakan kartu kredit, ganti dengan debit saja

Kartu kredit mungkin bisa membantu kalian mendapatkan barang yang diinginkan, namun tidak akan mampu memaksa kalian untuk berhemat. Penggunaan kartu kredit justru membuat kalian lebih boros karena pembayaran dengan kartu kredit disertai dengan bunga. Daripada menggunakan kartu kredit lebih baik pilih debit saja, kartu debit membuat kalian lebih bijak ketika berbelanja.



3. Belajar mengelola anggaran

Bagi sebagian besar dari kalian mungkin sangat benci dengan aktifitas ini karena sangat merepotkan dan cukup menyita waktu. Tapi, kalau kalian mau mendapatkan masa depan cerah memang harus ada upaya ekstra untuk mewujudkan. Yang perlu kalian lakukan adalah mengumpulkan semua tagihan dan slip gaji susun menggunakan spreadsheet, pelajari berapa banyak pajak yang harus dibayar kemana uang kalian pergi. Bersiaplah melihat hasil yang mengejutkan karena ternyata banyak sekali pengeluaran besar dihasilkan dari kebiasan-kebiasaan kecil seperti membeli minuman ringan atau rokok. Jika misalanya kalian membeli minuman Rp 10.000 sehari dalam sebulan berarti budget kalian terkuras Rp 300.000, lumayan kan untuk ditabung?

4. Mengerti dana apa saja yang harus disimpan

Di sinilah hal-hal mulai terlihat menarik. Beberapa ahli uang mengatakan hal pertama yang harus kalian simpan adalah "dana darurat," padahal pendapat ini tidak sepenuhnya bagus untuk diterapkan bagi kalian dengan banyak keinginan. Dana darurat itu bisa didapat dengan mengurangi pengeluaran. Daripada membuat dana darurat lebih baik alihkan untuk mengikuti asuransi jiwa atau kesehatan, dana tersebut juga bisa kalian gunakan ketika terdesak.





5. Merencanakan tabungan pensiun

Ini juga sangat penting untuk menjamin kehidupan kalian di masa tua, menabung sedikit demi sedikit untuk dana pensiun kalian tidak akan terasa memberatkan. Dari hal ringan ini manfaat besar akan kalian dapat ketika sudah beranjak tua nanti. Rekening pensiun mungkin tidak banyak diperhatikan oleh banyak orang karena sifatnya tidak mendesak, namun generasi masa kini harus berpikir bahwa mereka tidak akan mungkin bekerja melewati usia 65tahun sehingga untuk mencukupi kebutuhan pribadi kalian membutuhkan tabungan yang cukup. Siapkan rekening pensiun tersendiri yang dalam jangka 10tahun kedepan bisa menjadi dana andalan.

6.Memilih pinjaman ringan

Usia muda adalah saat ketika kalian membangun mimpi untuk mewujudkan istana impian, namun semua itu harus disesuaikan dengan pemasukan. Jangan pernah mengambil cicilan rumah dengan harga yang tidak masuk akal, usahakan cicilannya hanya mengambil maksimal 30% dari gaji kalian. Jika tidak bisa mendapatkan istana impian dengan harga menggila, realistis saja lah beli yang sesuai dengan kemampuan keuangan, toh kalian masih bisa merenovasi rumah murah kalian suatu hari nanti sesuai dengan keinginan. Angsuran yang kecil memberi kalian kesempatan untuk menabung lebih banyak.


7. Membagi pendapatan menjadi tiga bagian


Aturan ini ternyata sudah diterapkan oleh aktris kawakan Angelina Jolie, setiap bulan ia membagi pendapatannya menjadi tiga yakni kebutuhan rumah tangga, pengeluaran tak terduga dan sisanya untuk amal. Jelas, kita tidak bisa sama persis melakukan apa yang dilakukan Jolie. Namun kita bisa mencontohnya dengan membagi penghasilan menjadi tiga bagian, yakni kebutuhan sehari-hari, angsuran dan menabung.

teks asli bisa dilihat di http://www.bustle.com/articles/75150-9-tips-for-saving-money-when-youre-young-and-dont-have-much-of-it-to-begin

1 komentar: