Tanpa Pendidikan Tinggi Kamu Masih Bisa Sukses dengan 7 Jenis Karir ini




Pendidikan tinggi identik dengan gaji tinggi dan posisi tinggi, tak heran banyak orang tua rela melakukan apa saja untuk membuat anaknya meraih pendidikan tinggi bahkan ketika sang anak tidak memiliki kemampuan yang memadai. Tengok saja berapa lulusan Sarjana di Indonesia setiap tahunnya, mencapai jutaan? Tapi apakah gelar sarjana itu serta merta mengubah seluruh hidupnya? nyatanya tidak, bahkan beberapa ada yang memiliki pekerjaan dengan gaji di bawah Upah Minimun Regional (UMR). Nah upah ini bahkan lebih rendah dari butuh pabril, bahkan lulusan SMK saja masih bisa lebih tinggi lagi pendapatannya. 

Dengan asumsi tidak memiliki gelar namun bersedia melakukan beberapa pelatihan lanjutan seperti menghadiri kursus kalian bisa meningkatkan pendapatan sangat tajam.  Ketika kalian yang tanpa pendidikan tinggi bisa menghasilkan setidaknya USD 120.000 dalam empat tahun lulusan perguruan tinggi bahkan belum menghasilkan apa-apa. Belum lagi kalian yang tidak berpendidikan tinggi juga masih bisa meneruskan pendidikan ke jenjang yang bahkan lebih tinggi dari mereka yang menempuh pendidikan sarjana sejak muda.

Kini saatnya kita mengubah pandangan lama yang mengatakan untuk mendapatkan gaji tinggi harus bergaji tinggi, karena toh ternyata ada 5 jenis karir super biasa yang bisa mengantarkanmu pada kemapanan. Penasaran? Baca sampai akhir ya:

1. Manager Pemasaran Online

Wow ternyata pekerjaan ini lebih mengandalkan pengalaman dibanding gelar akademis, sebabnya karena memang tidak banyak Universitas yang menyertakan materi ini dalam kuliahnya, dosen yang memiliki pengalaman seperti ini juga masih jarang. Para pemberi kerja pun tidak mau merugi, merekrut lulusan Universitas tanpa pengalaman justru bisa menghambat penjualan, padahal penjualan dalam sebuah pemasaran tidak boleh terhenti. Di Amerika orang yang bekerja dalam posisi ini memiliki pendapatan mencapai USD78000 atau sekitar Rp 1,1 Miliar pertahun.

2. Sekretaris

Jika kita perhatikan tidak banyak lagi yang melirik profesi ini karena dianggap membosankan tidak memiliki jenjang karir yang jelas. Orang berpikir jika sudah menjadi sekretaris selamanya akan menjadi sekretaris, hal itu memang benar adanya. Tapi pekerjaan ini begitu menjanjikan dan tidak menuntumu untuk bekerja diluar ruangan. Untuk mendapatkan pekerjaan ini cukup miliki ijazah SMA atau SMK saja. Di Amerika Sekretaris bisa memiliki pendapatan mencapai USD31000 atau setara dengan Ro 412juta pertahun.

3. Jurnalis/ Penulis

Ternyata ada beberapa perusahaan media yang tidak mewajibkan karyawannya memiliki gelar sarjana. Tapi memang hanya perusahaan media kecil saja yang menerapkan peraturan ini, untuk media nasional lulusan sarjana pun sulit di terima. Untuk penulis lain lagi, banyak sekali perusahaan yang membutuhkan jasa penulis misalnya untuk review product ataupun membuat artikel optimasi. Pengetahuan menulis sejatinya memang didapat dari pengalaman bukan pendidikan akademik. Materi-materi dalam pendidikan akademik hanyalah penunjang agar tulisanmu lebih kaya dan berwarna.

4. Surveyor

Pernahkah kalian melihat pria-pria berpakaian oranye di jalan raya sembari membawa kamera dan terlihat seperti memotret jalan raya? Mereka adalah para surveyor yang biasanya dipekerjakan oleh berbagai perusahaan konstruksi. Bekerja sebagai Surveyor tidak membutuhkan pendidikan tinggi yang penting kalian adalah orang yang detil, rajin juga cekatan.  Pendapat pertahun seorang Surveyor di Amerika bisa mencapai USD55.000 atau sekitar Rp 773 juta. Tapi jangan kira untuk mendapatkan penghasilan sebanyak itu mudah. Karena faktanya juga kalian tidak bisa mengandalkan satu pekerjaan semata. Seperti halnya pekerja kantoran lainnya, kalian harus memiliki banyak klien untuk sampai pada tahap mendapat gaji ratusan juta.

5. Agen Asuransi

Kalau pekerjaan yang satu ini pasti kalian sudah paham karena sudah banyak juga ditemui disekitar lingkungan dari pinggir jalan hingga didalam mal. Wajah bersih dan pakaian rapih serta kemampuan bicara yang baik adalah modal untuk bekerja di dunia ini. Jangan salah paham dan salah kira jika mereka lulusan sarjan, hampir 80% agen asuransi ternyata hanya lulusan SMA. Meski tidak membutuhkan banyak keahlian namun pekerjaan ini bisa mendapatkan pendapatan yang oke. Setidaknya pendapat pertahun seorang agen asuransi bisa mencapai USD47.000 pertahun atau setara dengan Rp 626 juta.

6. Cosmetologist

Nah pekerjaan ini sangat cocok buat para perempuan yang senang dengan dunia kecantikan. Pernah datang ke berbagai klinik kecantikan atau salon? terapis terapis disana biasanya masih lulusan SMA namun sudah mendapat pelatihan atau kursus dari Dokter kecantikan loh. Mereka adalah gadis-gadis yang beruntung karena tahu dunia farmasi dan kecantikan modern tanpa harus membayar biaya kuliah. Selain itu mereka juga masih punya kesempatan untuk meningkatkan karirnya menjadi terapis ahli atau membuka klinik kencantikan sendiri. Pendapatan pertahun seorang Cosmetologist di Amerika sebesar USD23.000 atau sekitar Rp 306 juta setahun.

7. Teknisi

Pekerjaan sebagai teknisi memang tidak membutuhkan gelar namun tetap harus punya keahlian khusus, biasanya orang yang diterima menjadi teknisi adalah mereka yang lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Pendapatan teknisi yang sudah berpengalaman bisa sangat besar belum lagi jika ia juga punya bisnis sendiri diluar pekerjaannya. Sayangnya teknisi tidak memberikan tingkatan karir yang menjanjikan. Pendapatan pertahunnya sendiri di Amerika bisa mencapai USD56.000 atau sekitar Rp 746 juta.


sumber artikel http://www.careercast.com/jobs-rated/20-great-jobs-without-college-degree

3 komentar:

  1. setuju mbak, banyak contoh yang sukses
    di Indonesia salah satunya Menteri Susi atau Bob Sadino...

    *salut

    BalasHapus
  2. Yoyow pendidikan bukan alasan untuk menjadi batasan

    BalasHapus
  3. tapi pendidikan tidak boleh dilupakan juga hehe

    EMI

    BalasHapus