Moyo, Pulau Panas untuk Pasangan Honeymoon

                                                          source:amanresorts.com

Honeymoon, bulan-bulan manis ini tentu tak ingin kalian lewatkan hanya dengan berdiam diri dirumah. Harus ada petualangan asik dengan si dia yang bisa membuat honeymoon kalian tak terlupakan. Setiap orang memiliki cara untuk melakukan honeymoon tapi rata-rata pasti memilih berlibur ke pantai melihat senja bersama-sama. Bali tentunya menjadi tempat yang paling diidam-idamkan untuk menghabiskan honeymoon. Tapi kalian harus tahu, selain Bali ada tempat asik lainnya yang bisa kalian habiskan dengan pasangan tercinta, namanya Pulau Moyo, letaknya sekitar 3 km di lepas pantai utara Sumbawa.

Untuk menuju ke Pulau ini kalian bisa memanfaatkan transportasi laut dan udara. Tranportasi darat bisa dimulai dari Mataram, Ibu Kota Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), dari sana bergeraklah menuju timur tepatnya ke Pelabuhan Kayangan, Lombok dan menyeberang ke Poto Tano, Sumbawa Barat dengan menggunakan feri. Kemudian lanuutkan perjalanan melalui darat menuju Sumbawa Besar. Sementara jika transportasi udara yang menjadi pilihah, dari Bandara Internasional Lombol (BIL), Praya (Lombok Tengah) ke Bandara Sultan Kaharuddin, Sumbawa.

Lingkungannya masih sangat alami dengan garis pantai berbatu dan hamparan padang rumput yang menjadi rumah paling nyaman bagi banyak satwa liar. Kalian bisa saling mendalami perasaan dengan pasangan di lokasi ini tentunya dilanjutkan dengan menyelami dunia bawah laut Pulau Moyo yang sangat indah. Terumbu karang sejak dulu menjadi daya tarik Pulai ini, kalian bisa mengajak si dia snorkeling dan berenang dengan hiu putih atau ikan pari. Pulau Moyo tak hanya kaya dengan dunia lautnya, di bagian daratan Pulau Moyo juga dipenuhi satwa liar seperti rusa, sapi liar, burung, bangau besar, brahmini dan elang putih. Menurut para pengamat pulau ini adalah rumah terbaik untuk mereka. Tak heran pulau ini berhasil menarik minat musisi legendaris Mick Jagger.
                                                      source:ianmaulana.blogspot.com

Namun berhubung pulau ini masih sangat asri menurut situs indonesia.travel belum banyak fasilitas yang ditawarkan terutama untuk kegiatan menyelam. Sebaiknya kalian membawa sendiri perlengkapan menyelam karena penyewaan perlengkapan menyelam tidak tersedia di pulau ini. Kalian juga akan sedikit sulit menemukan cottage seperti di Bali. Hanya ada satu resort di pulau ini yang dikelolah pihak ketiga. Uniknya resort-resort disini hanya menggunakan tendah yang jumlahnya mungkin hanya sekitar 20 buah.

Tapi, biarpun hanya terbuat dari tenda resort ini tetap bisa menyajikan fasilitas seperti resort pada umumnya. Penginapan ini akan menjadi momen yang tak terlupakan untuk kalian dan pasangan, berdua kalian bisa menikmati ketenangan dan kenyamanan pulau cantik ini. Lokasi resor ini berada di Dusun Gedal, Pulau Moyo. Waktu berkunjung paling baik ke Pulau Moyo adalah saat musim panas yakni antara Juni-Agustus, di bulan-bulan ini kalian bisa merasakan hangatnya matahari yang membuat kulitmu makin eksotis. Dengan banyak spot terumbu karang memberikan juga kalian kesempatan snorkeling diberagam tempat. Tapi pastikan tidak snorkeling di Ujung Tanjung Pasir karena ombaknya sangat kuat.

                                                             source:anjieya.com

Selain laut pemandangan indah lainnya di Pulau Moyo yang bisa kalian nikmati adalah air terjun Diwu Mbai dan Mata Jitu. Namun untuk menuju lokasi ini kalian hanya bisa mengandalkan transportasi sepeda atau sepeda motor.  Di Pulau Moyo memang tidak banyak mobil terlihat, jalananpun masih kosong, inilah yang membuat Pulau Moyo bersih dan jauh dari polusi udara. Banyak jalan masih berbatu dan sangat kering pada musik kemarau. Meski transportasi disini amat sulit namun tempat ini ternyata menjadi favorit para turis internasional. Tercatat beberapa orang ternama dunia pernah berkunjung ke air terjun ini salah satunya adalah Putri Diana dan petenis cantik Maria Sharapova.

                                                         source:indonesiakarya.com

Dengan sejuta keindahan dan kealamian yang ditawarkannya, Pulau Moyo layak masuk dalam agenda jalan-jalanmu bersama kekasih hati. Jadikan Pulau Moyo tempatmu dan si dia saling memahami dan mendalami jiwa. Tapi tolong jaga selalu ya keasrian tempat ini dengan tidak membuang sampah sembarangan atau merusak alam maupun flora dan fauna langka didalamnya.

source: indonesia.travel, kompas.com

0 komentar:

Posting Komentar